0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hacker Haikal Direkrut Polri Bantu Mengatasi Kejahatan Siber

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Seorang peretas komputer, Sultan Haikal (19), sempat membuat heboh pasca membobol uang miliaran rupiah dari situs penjualan tiket online. Usai menjalani hukumannya nanti, Haikal bakal direkrut Polri.

“Bagi kami tentu merangkul mereka penting dalam upaya untuk mencegah kerusakan-kerusakan dan kerugian,” kata Kabagpenum Divhumas Polri, Kombes (Pol) Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jumat (7/4).

Martinus mengatakan, setelah menjalani proses hukum Haikal bakal diperbantukan untuk membantu menangani kejahatan siber. Namun perekrutan itu tidak berlaku terhadap tiga rekannya.

“Khusus kasus ini (Haikal), karena dia telah melakukan pelanggaran hukum, kejahatan, tentu kita harus kedepankan, dia harus dihukum dulu untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” katanya.

Menurut Martinus, rencana merekrut hacker untuk dijadikan rekan polisi mengungkap kejahatan siber nantinya bukan hanya berlaku terhadap Haikal. Ke depan, Polri juga akan mencari hacker remaja lainnya untuk direkrut sebagai mitra kepolisian dengan catatan proses hukum terhadap hacker tersebut dituntaskan terlebih dulu.

“Baru setelah itu, kami pihak kepolisian bisa melakukan komunikasi katakanlah untuk merekrut sebagai ahli dalam membantu penegakan hukum. Tapi setelah dia menjalani hukuman,” jelas dia.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge