0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Turun Gunung, Ratusan Kera Jarah Makanan Warga

Kera-kera gunung merusak tanaman di kebun warga (dok.timlo.net/ist)

Sukoharjo — Warga Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo diresahkan oleh serbuan kera ke pemukiman dan perkebunan. Kera liar yang berjumlah ratusan ini mulai turun dari Pegunungan Seribu sejak satu pekan terakhir karena di habitat asalnya sudah tidak ada lagi makanan.

“Mereka bergerombol sampai ratusan ekor kera setiap memasuki rumah-rumah warga dan mengambil makanan yang ada, bahkan makanan di atas meja juga diambil. Serangan ini terjadi sejak seminggu yang lalu dan cukup meresahkan, karena menyimpan makanan menjadi tidak aman,” kata Kepala Desa Sanggang, Supangat, Jumat (7/4).

Selain menyerbu rumah-rumah warga di Dukuh Tileng, ratusan kera tersebut juga menyerang tanaman di ladang dan kebun. Tanaman seperti kacang, padi, jagung hingga singkong habis diserang kera. Serangan ama kera ini tidak hanay terjadi kali ini saja, bahkan setiap tahun bisa beberapa kali menyerang perkebunan dan rumah warga sejak puluhan tahun yang lalu.

Sejauh ini, warga belum memiliki cara yang efektif untuk menghalau kera jenis ekor panjang ini agar tidak masuk pemukiman. Meskipun sudah dilakukan upaya penangkapan, mendatangkan pawang hingga mengusir dengan suara letusan, kera-kera gunung tetap kembali datang mengambil makanan dan hasil pertanian warga.

“Sudah banyak upaya yang dilakukan warga tapi selalu gagal, mungkin dengan melakukan penanaman pohon penghasil buah-buahan bisa menyediakan makanan untuk kera-kera yang lapar ini. Dengan demikian kera tidak turun ke rumah warga karena makanan sudah tersedia,” tandas Kapolsek Bulu AKP Kamiran.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge