0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Target Sertifikasi 5 Juta Lahan Rakyat Terkendala Dana

Darmin Nasution ()

Timlo.net – Program sertifikasi lahan rakyat terkendala pendanaan dari pemerintah. Sejauh ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) baru diberikan dana Rp 1,4 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017. Dana ini, baru untuk proses sertifikasi 2 juta lahan.

Padahal, sesuai yang ditargetkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), minimal 5 juta lahan rakyat sudah bersertifikat pada 2017 ini.

“Kalau untuk 2 juta kalau tidak salah Rp 1,4 triliun,” kata Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution di Jakarta, Jumat (7/4).

Untuk menambal kekurangan, lanjutnya, skema yang memungkinkan ialah melalui APBN-P. Namun, pemerintah merasa cara ini akan memakan waktu lama. Sementara, proses sertifikasi sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Maka dari itu, tadi Kementerian Keuangan berjanji akan mencarikan jalan,” tuturnya.

Guna mencapai target, pemerintah juga membuka peluang keikutsertaan juru ukur swasta. Dalam waktu dekat, Kementerian ATR akan melakukan tender untuk program ini.

“Siapa yang lebih murah, dia akan terpilih. Tentu juru ukur ini harus yang berbadan firma bukan perorangan,” jelasnya.

Selain menggaet juru ukur swasta, Menko Darmin menambahkan bahwa pemerintah juga tengah menggenjot pendidikan bagi yang ingin menjadi juru ukur dan asisten juru ukur.

“Kita juga punya program lain yang namanya pendidikan dan pelatihan vokasi. Segera akan dilaunching,” jelas dia.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge