0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Terlalu Sering Gunakan HP, Tulang Belakang Remaja Ini Rusak

Anak bermain smartphone. (Dok: Timlo.net/ Betanews.com )

Timlo.net—Hampir setiap orang di dunia saat ini memiliki ponsel. Dan setiap hari, orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggunakannya. Tapi penggunaan smartphone ini rupanya tidak hanya menghabiskan waktu kita, tapi juga merusak leher dan tulang belakang.

South China Morning Post memberitakan seorang gadis berusia 14 tahun dari Qingdao, Shandong, Cina yang dibawa ke seorang dokter. Dia tidak bisa meluruskan lehernya ke posisi normal setelah menghabiskan waktu menggunakan ponsel. Dokter lalu melakukan scan X-rays dan menemukan jika tulang belakang bagian atas gadis itu menjadi cacat.

Kondisi ini seringkali menyebabkan pusing dan sakit. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang-orang di usia 50 tahun ke atas dan bukan pada remaja. Menurut ayah sang gadis, puterinya suka menonton video dan bermain game di smartphonenya. Dia akan menggunakan seluruh waktu santainya bermain smartphone.

Gadis itu akhirnya pulang ke rumah setelah dirawat ke rumah sakit. Tapi dokter memperingatkan dia tentang kebiasaannya menggunakan smartphone. Mereka menyarankan dia hanya menggunakan smartphone maksimal dua jam. Jika dia nekat menggunakan lebih dari itu, kondisinya bisa memburuk.

Seorang dokter juga menangani kasus yang sama dengan yang dialami gadis itu. Kali ini, korbannya adalah seorang anak pria berusia 10 tahun. Tulang belakangnya rusak karena menggunakan smartphone secara berlebihan. Akhirnya anak itu tidak bisa berjalan dengan baik.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge