0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Keterlibatan Orang Tua Penting Bentuk Karakter Anak

()

Solo – Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyatakan dalam satuan pendidikan, keterlibatan orang tua dan keluarga siswa sangat penting untuk pembentukan karakter anak.

“Sekolah hanya salah satu unsur dari Tri Sentra Pendidikan dalam pembentukan karakter, karena itu kami sangat mengapresiasi sejumlah sekolah swasta yang telah melibatkan keluarga dalam budaya prestasi pada sistem pendidikannya,” ujar Kasie Program dan Anggaran Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementrian Pendidikan  dan Kebudayaan RI, Poerwanto , seusai Bimbingan Teknis Pembinaan Pendidikan  Keluarga pada Satuan Pendidikan, di Hotel Loji Solo, Rabu (5/4).

Poerwanto mengemukakan, selama ini prestasi siswa di Indonesia masihbertolok ukur pada bidang akademik. Padahal prestasi non akademik juga penting.

“Karakter, budi pekerti, bertaqwa pada Tuhan, kreativitas, motivasi, jujur dan semangat masih kurang. Hal itu juga penting,” ungkapnya.

Poerwanto mengatakan, membentuk karakter anak untuk jujur,  disiplin, memiliki semangat tinggi, dan hemat menjadi penting. Bahkan hasil penelitian menunjukkan  motivasi dan semangat memiliki pengaruh terhadap  kesuksesan.

Untuk itu, menurutnya, perlu diberikan Kelas Inspirasi bagi Orangtua. Selain itu pada hari pertama sekolah Orangtua wajib mengantar anaknya ke sekolah, sehingga terjadi komunikasi yang baik antara Guru dengan orangtua siswa , di antaranya melalui kegiatan parenting.

Sementara itu, Bimbingan Teknis  Pembinaan Pendidikan Keluarga berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 5 – 7 April 2017. Diikuti 60 peserta terdiri dari utusan PTK PAUD, SD, SMP, SMA, SLB, SKB, PKBM, HIPKI, Penilik, pengawas dan PKK, dengan materi di antaranya Mendidik Anak di Era Digital, Cara Mendidik Anak yang Efektif, Peran Organisasi Mitra, dan Kebijakan Direktorat Pembinaan Pendidikan keluarga.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge