0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tegakan Aturan, BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Kejaksaan

()

Solo – Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan lakukan monitoring dan evaluasi kerjasama dengan  Kejaksaan di Jawa Tengah dan Yogjakarta. Hal  itu dilakukan dalam upaya mendorong kepatuhan perusahaan dalam memberikan jaminan sosial kepada karyawannya.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama yang ditanda tangani oleh Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) pada April tahun lalu di Hotel Grand Mahakam Jakarta,” ujar Direktur Perluasan Kepesertaan dan HubunganAntarLembaga (HAL), E Ilyas Lubis kepada Timlo.net, Rabu (5/4).

Menurutnya, kerjasama yang dilakukan dengan Kejaksaan selama ini cukup efektif dalam menegakkan regulasi dan memperluas cakupan perlindungan, seperti yang dilakukan di Bandung, Surabaya, Bogor dan Medan.

Oleh karena itu, upaya monitoring dan evaluasi yang dilakukan diwilayah Jateng dan DIY ini sangat penting dilakukan untuk mengukur efektifitas penerapan regulasi dan mengetahui jumlah perusahaan yang patuh terhadap aturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami berharap Kejaksaan di Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DIY dapat memberikan dukungan penuh dalam penegakan regulasi ini agar semua pekerja mendapatkan hak perlindungan mereka atas jaminan sosial”, kata dia.

Sejalan dengan hal itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Irum Ismantara menjelaskan bahwa pemberi kerja wajib memberikan perlindungan jaminan sosial kepada para pekerjanya sesuai dengan regulasi yang berlaku.Namun pada prakteknya masih banyak yang menyimpang dari aturan.

“Kerjasama dengan kejaksaan ini merupakan salah satu tindakan yang kami lakukan untuk menegakkan regulasi yang ada serta akan mendorong perluasan kepesertaan dengan lebih optimal, yang artinya perlindungan bagi seluruh pekerja di Indonesia akan segera dapat terwujud,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge