0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rangkul PTPPI, Pemkab Bentuk Warung Desa

Penandatanganan MoU antara Pemkab Sragen dengan PTPPI (agung)

Sragen – Pemkab Sragen mengadakan kerjasama dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), persero dalam bidang pemasaran produk unggulan yang dimiliki Sragen ke luar daerah. PPI juga akan menyuplai barang kebutuhan pokok untuk dipasarkan di warung desa yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Warung desa yang dikelola BUMDes awalnya disuplai dengan barang-barang bahan pokok. Selanjutnya dapat memasarkan barang hasil dari BUMDes atau masyarakat ke luar daerah oleh PTPPI, sehingga dapat efisiensi biaya logistik,” kata Dirut PTPPI Agus Andiyani, Rabu (5/4).

Agus menjelaskan, bidang kegiatan PTPPI sangat luas, seperti perdagangan lokal antar pulau, ekpor, impor, yang meliputi hasil kehutanan, hasil pertanian, hasil perikanan, barang-barang indusri dan sebagainya.

Sementara usai penandatanganan MoU antara Pemkab Sragen dengan PTPPI, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan, adanya kerjasama dengan PTPPI diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Dengan hadirnya warung desa yang dikelola BUMDes bisa mengerakkan perekonomian di masing-masing desa. Maka dengan sendirinya akan mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran.

“Saat ini sudah ada 37 desa yang sudah siap dengan BUMDes. Ini harus bisa menjadi contoh dan motivasi terhadap 171 desa yang belum membentuk BUMDes. Sebab tahun 2018 semua desa harus sudah membentuk BUMDes,” papar Yuni.

Dia nenambahkan, dengan adanya dana desa yang cukup banyak, maka tiap desa dapat menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Yang paling mendasar adalah masalah kemiskinan di wilayah pedesaan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge