0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Obyek Wisata Keraton Ditutup Sementara

Museum Keraton Solo ditutup (dok.timlo.net/indiria)

Solo — Sejumlah obyek wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat terpaksa ditutup sejak Selasa (4/4) kemarin. Penutupan tersebut lantaran situasi keraton yang kurang kondusif sejak pembongkaran sekat pembatas antara Sasana Narendra dan Langen Katong, Minggu (2/4) lalu.

“Objek wisata seperti museum, perpustakaan, dan beberapa objek lainnya sengaja ditutup untuk sementara. Belum tahu sampai kapan, kita lihat situasinya dulu saja,” kata Plt Raja Keraton Solo, KGPH Puger, Rabu (5/4).

Lantaran tak ingin membuat masyarakat berasumsi terkait konflik internal keraton. Awalnya wisata akan ditutup hari Senin (3/4) namun baru direalisasikan pada Selasa (4/4).

“Kita bisa lihat kemarin ratusan personil bersenjata bersiaga. Ada juga alat berat yang terparkir didepan keraton, makanya ditutup dengan alasan kenyamanan pengunjung,” tegasnya.

Sementara itu, Manajer Museum Pariwisata Keraton Kasunanan, Surya Adi Mijaya mengatakan. Bahwa para pengageng telah memberikan mandat untuk penutupan sementara museum keraton. Maka mau tak mau harus ditutup demi kenyamanan pengunjung dan pelayanan. Meski dia menilai penutupan obyek wisata keraton dinilai berdampak pada pendapatan dari sektor wisata.

“Situasi seperti ini kan tidak nyaman baik dari segi pengunjung dan petugas pelayanan. Kalau sudah normal baru dibuka lagi,” tandas Suryo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge