0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembukaan Rute Penerbangan Baru Dongkrak Wisman

Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Banyaknya maskapai penerbangan yang membuka rute baru internasional pada awal tahun ini berdampak positif kepada tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Kota Solo. Hal itu terbukti dari data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS), dimana pada Februari 2017 terjadi peningkatan kunjungan Wisman hingga 1146,34 persen jika dibanding periode bulan sebelumnya.

“Secara keseluruhan, jumlah wisatawan mancanegara yang datang melalui bandara Adi Soemarmo pada Februari 2017 mencapai 511 orang. Angka tersebut mengalami kenaikan yang cukup signifikan jika dibanding periode bulan sebelumnya yang hanya 41 orang,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Selasa (4/4).

Jika dilihat dari asal negaranya, jumlah Wisman terbanyak terbanyak dari Malaysia yaitu 410 orang. Kemudian disusul dari warga Negara Thailand sebanyak 11 orang, Yaman 9 orang dan Brunei Darusalam 8 orang.

“Hal ini terjadi seiring dengan adanya pembukaan rute penerbangan internasional baru yang dilakukan oleh maskapai,” jelasnya.

Sementara itu, kondisi berbeda terjadi pada jumlah penumpang pesawat pada penerbangan domestik. Pasalnya pada bulan tersebut justru terjadi penurunan sebesar 6.00 persen dibanding bula sebelumnya.

“Pada Januari tercatat jumlah penumpang pada penerbangan domestik mencapai 101.402 orang. Sedangkan pada bulan selanjutnya turun menjadi 95.314 orang,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge