0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aliansi Solo Cinta Damai Serukan Toleransi

(dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Aliansi Solo Cinta Damai menyerukan aksi damai dan ajakan toleransi antarumat beragama melalui pemasangan spanduk di wilayah eks Karesidenan Surakarta, termasuk Kabupaten Karanganyar.

“Bertujuan untuk memberikan penyadaran dan menumbuhkembangkan pentingnya sikap bertoleransi antarumat beragama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Ketua Aliansi Solo Cinta Damai, Riza Pratama Wisesa kepada Timlo.net, Rabu (5/4).

Salah satu spanduk dipasang di taman seputar simpang empat Papahan. Bentangan spanduk itu berisi tulisan Indonesia Bukan Negara Agama, Hargai dan Hormati Keberagaman Budaya Agama dan Walau Berbeda Kita Tetap Indonesia.

Lebih lanjut dikatakannya, ia ingin mengingatkan masyarakat menjunjung tinggi rasa toleransi sehingga perbedaan berbasis kepercayaan bukan menghalangi peran serta menjaga keutuhan NKRI. Melihat kondisi saat ini, persinggungan SARA mudah menyulut pertikaian.

“Kita mesti mencegah tutur kata dan perbuatan yang bisa melukai, menyinggung, memperolok dan merendahkan keyakinan saudara kita yang berbeda identitas. Karena itu, Aliansi Solo Cinta Damai meminta agar toleransi harus senantiasa dipasangkan dengan sikap tenggang rasa,” jelasnya.

Ia menyadari toleransi ada batasnya. Sehingga diperlukan tenggang rasa kepada yang lain supaya mereka menunjukkan sikap toleran.

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge