0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Posyandu Desa Ngringo Bersaing di Tingkat Nasional

Penilaian posyandu oleh tim pusat (MG001)

Karanganyar — Posyandu Ngudi Sehat, Desa Ngringo, Jaten bersaing dengan lima posyandu lain asal berbagai daerah di Indonesia dalam penilaian tingkat nasional. Keunggulan posyandu yang terletak di bantaran Sungai Bengawan Solo ini  tersaji saat tim penilai melakukan kroscek, Selasa (4/4).

“Kita bangga dan bahagia bisa maju penilaian ke tingkat nasional. Posyandu Ngudi Sehat itu berkembang dan maju dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. Menjadi percontohan di Jaten dan Karanganyar pada umumnya, khususnya bagi warga RW 24 Desa Ngringo,” kata Kepala Desa Ngringo, Sardiman menyambut kedatangan tim penilai dari pemerintah pusat.

Ia menyebut, peran kader posyandu menjadi penting ketika program posyandu dilaksanakan. Di Ngringo, 297 kader posyandu diandalkan mendampingi 26 ribu penduduk desa tersebut.

Ketua Posyandu Ngudi Sehat, Sri Sutjiati mengatakan posyandu di Ngringo terpilih sebagai juara 1 lomba pelaksanaan terbaik posyandu tingkat kabupaten pada 2015. Selanjutnya maju ke tingkat provinsi dan mengalahkan kabupaten/kota lain hingga akhirnya diandalkan mewakili Jawa Tengah di ajang serupa tingkat nasional.

Keunggulan posyandu ini seperti memiliki gedung sendiri untuk aktivitas reguler, berkegiatan terencana dan terukur hasilnya serta tertib administratif. Ia mengatakan, kegiatan unggulan Posyandu Ngudi Sehat antara lain pengembangan kebun gizi, sanitasi lingkungan berbasis masyarakat, bank sampah, kolam lele, pembuatan pupuk kompos, bina keluarga lansia, bina keluarga remaja, posyandu balita, dan sebagainya.

“Kita berharap menang. Namun itu bukan tujuan utama. Posyandu ini tetap optimis membangun program lebih baik apapun hasil penilaiannya,” ujarnya.

Selain Posyandu Ngudi Sehat Desa Ngringo, lima posyandu maju ke penilaian nasional dari Kabupaten Bangka Barat, Kepualauan Bangka Belitung; Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur; Kabupaten Buleleng, Bali; Kota Pariaman, Sumatera Barat; dan Kalimantan Barat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge