0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyerahan Kunci Keraton

Tim Lima Beri Waktu Dua Hari untuk Dewan Adat

Tim Lima memberi keterangan pers (dok.timlo.net/indira)

Solo — Tak menemui kata sepakat setelah mediasi, Satgas Panca Narendra atau Tim Lima dari kubu Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Pakubuwana XIII memberi tenggat waktu dua hari kepada Lembaga Dewan Adat untuk menyerahkan kunci-kunci keraton.

“Saat pertemuan, ternyata KGPH Puger tidak bisa mewakili mereka (Lembaga Dewan Adat) karena dia tidak bisa memutuskan,” kata wakil Tim Lima, GPH Benawa, dalam jumpa pers usai mediasi di Sasana Putra, Selasa (4/4).

Pertemuan tersebut membahas beberapa poin utama. Yakni meminta kunci-kunci keraton, terutama kunci-kunci pintu serta kunci Dalem Ageng. Kunci tersebut untuk akses Sinuhun di dalam keraton. Serta membuka pintu depan untuk akses para abdi dalem atau siapapun yang ada urusan dengan keraton dengan catatan sudah berizin berdasarkan prosedur keraton.

Sinuhun ingin Jumenengan mandiri. Kalau dia (KGPH Puger) bisa membantu boleh, mau sowan boleh, tidak dilarang, tetapi jangan mengunci-ngunci pintu. Kemudian mengisolasi Sinuhun, tidak bisa masuk keraton,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, perwakilan Tim Lima dan Dewan Adat melakukan mediasi di Pusdiktop TNI AD, terkait permintaan kunci keraton untuk akses PB XIII dalam persiapan Tingalan Jumenengan. Konferensi pers tersebut turut dihadiri KGPH Tedjowulan, KPPAA Condrokusumo Sura Agul-agul, GPH Suryo Wicaksono, dan Bambang Pradotonegoro.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge