0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Jateng Jamin Soal UN SMK Tidak Bocor

()

Solo – Pemerintah Propinsi Jawa Tengah menjamin soal Ujian Nasional untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya pelaksanaan di wilayah eks Karesidenan Surakarta tidak bocor. Termasuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

“Berdasarkan hasil monitoring di beberapa SMK di Solo, UN telah berjalan lancar. Di Solo terdapat 49 SMK dan semuanya menggunakan komputer,” ungkap Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah Khusus (BPPMK) wilayah 3 Surakarta, Kartono kepada wartawan di sela-sela hari pertama pelaksanaan UN SMK wilayah Surakarta, Senin (3/4).

Kartono memastikan UN SMK tidak ada yang bocor. Jika ada yang bilang bocor, itu hanya isu saja. Apalagi soal yang diunduh dilakukan menjelang pelaksanaan UN dengan peserta UN memasukkan token yang diberikan.

“Sehingga tidak mungkin ada yang bocor,” ujarnya.

Demikian halnya soal UNKP, menurut Kartono, juga dipastikan tidak bocor. Pengamanan naskah soal itu sangat ketat, mulai dari pengambilan hingga pengiriman dikawal aparat kepolisian.

Sementara itu, Ketua Panitia UN SMK Negeri 8 Surakarta, Wagimin menyatakan, pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 8 Solo diikuti sebanyak 237 siswa. Untuk itu disediakan dua laboratorium dengan 80 unit komputer.

“Diantara peserta UN di SMK Negeri 8 Solo terdapat lima siswa berkebutuhan khusus. Mereka merupakan tuna netra sebanyak satu orang dan autis empat orang yang oleh Guru Pendamping Khusus (GPK) dari SLB,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge