0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polres dan Perbankan Teken MoU Pengamanan Obyek Vital

(raymond)

Karanganyar — Polres Karanganyar menandatangani perjanjian dengan manajemen tujuh perusahaan perbankan terkait jasa pengamanan obyek vital di Mapolres, Senin (3/4). Isinya mengatur hak dan kewajiban dua belah pihak dalam kemitraan itu.

“Diminta pengamanan atau tidak, pada prinsipnya kita siap melaksanakan tugas menjaga lokasi vital baik itu bangunan privat maupun milik pemerintah,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak usai menandatangani MoU.

Terkait isi MoU, dia mengatakan seputar kontribusi swasta pada jasa pengamanan polri yang diatur PP nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak. Jasa pengamanan pada obyek vital nasional dan tertentu dilaksanakan berdasarkan kontrak kerjasama.

“Disetor langsung ke kas negara. Nominalnya tercantum pada kontrak kerjasama,” kata Kapolres.

Pimpinan Bank Jateng Cabang Karanganyar Suwanto mengatakan, MoU memperjelas tugas fungsi pokok aparat dalam mengamankan obyek vital milik perbankan. Sedangkan bagi manajemen bank, kontribusinya ke negara bisa tercatat dan akuntable. Sebelum ada MoU tersebut, pihak perbankan terkendala administratif pertanggungjawaban kegiatan kemitraan tersebut.

“Kami terbantu saat membutuhkan bantuan patroli dari Polsek untuk mengawasi gerai ATM di berbagai pelosok,” katanya.

Perjanjian kerjasama selain ditandatangani manajemen Bank Jateng juga oleh manajemen perusahaan perbankan berkantor di Karanganyar seperti Bank BRI, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank BNI 46, dan Pegadaian.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge