0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Proyek Saluran Sanitasi Makan Korban, Pemkot Berang

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Pemerintah Kota Solo menilai pelaksana proyek saluran sanitasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tak becus menangani pekerjaan. Akibat proyek tersebut, lubang-lubang di jalan muncul di banyak titik. Bahkan belum lama ini, proyek galian itu memakan korban pengguna jalan.

“Kalau Pemprov tidak sanggup, serahkan ke Pemkot saja sejak awal,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo berang.

Saat ditemui di balaikota, Senin (13/3), Rudy mengaku telah berulang kali menyampaikan masalah tersebut ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Surat panggilan kepada kontraktor yang dilayangkan Pemkot tak pernah direspon.

“Dari dulu yo mung ya… yo… ya.. yo…. Makanya saya laporkan ke Gubernur,” kata Rudy.

Begitu geramnya, Rudy bahkan ingin memperbaiki sendiri jalan-jalan yang rusak akibat galian proyek tersebut. Namun hal itu di luar wewenangnya. Seperti diketahui, perbaikan jalan yang rusak akibat galian proyek merupakan tanggung jawab pelaksana.

“Kalau saya perbaiki sendiri nanti malah jadi masalah,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Endah Sitaresmi mengaku telah berulang kali melayangkan surat kepada kontraktor. Dari pihak kontraktor pun telah menerangkan bahwa pengerjaan pipa sanitasi tidak bisa terburu-buru.

“Harus ada uji alir. Yang lewat di saluran itu kan limbah. Kalau sampai tidak lancar bisa menimbulkan pencemaran. Setelah dipastikan lancar, baru diuruk dan didiamkan beberapa saat sampai tanah memadat. Baru bisa diaspal lagi,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge