0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Hari Wanita Internasional

Google Doodle Hari Wanita Internasional 2017. (Dok: Timlo.net/ NDTV. )

Timlo.net—Google membuat doodle untuk merayakan Hari Wanita Internasional. Dalam doodle berbentuk slideshow itu terlihat seorang gadis cilik yang mendengar cerita neneknya sebelum tidur. Kisah itu berisi koleksi 13 wanita berbakat yang menjadi pioner. Saat tidur, gadis itu bermimpi tentang kisah 13 wanita itu dari abad ke abad melintasi bumi. Jadi siapakah mereka? Mereka adalah para wanita yang berjuang dalam berbagai profesi dari berbagai negara dan berbagai latar belakang.

Para wanita itu adalah Ida Wells, seorang warga Afrika Amerika yang berprofesi sebagai jurnalis dan aktivis hak sipil. Ada juga Frida Kahlo, aktivis dan pelukis dari Meksiko, Lina Bo Bardi arsitek Brazil kelahiran Italia, Olga Skorokhodova peneliti dan ilmuwan Soviet, Miriam Makeba, penyanyi dan aktivis hak sipil Afrika Selatan. Lalu Sally Ride, astronot wanita pertama di Amerika dan wanita pertama di luar angkasa. Halet Cambel, arkeolog Turki dan Muslim pertama yang berkompetisi di Olimpiade, Ada Lovelace, ahli matematika dari Inggris dan programmer komputer pertama di dunia.

Perayaan Hari Wanita Internasional dimulai pada 1908. Tahun itu sekelompok wanita meminta pembayaran gaji yang lebih adil, kondisi kerja yang lebih baik dan hak untuk memilih. Mereka berkumpul di New York, Amerika Serikat (AS). Lalu pada tahun 1911, diadakan gerakan Hari Wanita Internasional resmi pertama yang digelar di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss. Beberapa tahun kemudian, masyarakat dunia masih terus merayakannya.

Sumber: NDTV.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge