0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Antisipasi Kemacetan, Pemkab Terapkan Jalan Satu Arah

Kepadatan arus lalu lintas Jalan Raya Sukowati Sragen (foto: Agung)

Sragen – Banyaknya jalan rusak di Bumi Sukowati membuat Pemkab Sragen mewacanakan manajemen pengelolaan jalan secara sitematis. Manajemen itu tidak semata untuk meminimalisir kerusakan jalan, tapi juga untuk mengurai terjadinya kemacetan yang saat ini mulai dirasakan masyarakat.

“Harus ada manajemen traffic yang bagus. Misalnya membuat jalur satu arah untuk mengurangi kepadatan, terutama jalan raya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, Rabu (8/2).

Menurut Tatag, bertambahnya jumlah kendaraan yang tak terbendung menyebabkan kemacetan di beberapa titik Kota Sragen. Salah satunya Jalan Veteran Sragen yang melintasi palang kereta api (KA). Kalau ada KA lewat kemacetan yang ditimbulkan sampai Jalan Raya Sukowati di simpang empat Kantor Pemkab Sragen.

Belum lagi kalau nanti jalur KA ganda sudah diterapkan, otomatis intensitas lalu lintas kereta juga akan semakin bertambah. Tatag meminta dinas terkait untuk merumuskan kemungkinan jalan raya di Sragen bisa dibuat satu arah.

“Instansi terkait harus bisa memetakan titik-titik mana yang berpotensi menimbulkan kemacetan,” ujarnya.

Tatag kawatir, Sragen bakal menjadi kota yang terkenal dengan kemacetan. Bila itu terjadi maka akan berakibat pada pertumbuhan ekonomi.

Masyarakat luar Sragen yang melintas di Sragen akan malas untuk singgah sekadar belanja atau menikmati kuliner. Apalagi dengan adanya Jalan Tol Solo-Kertosono (Soker) kendaraan yang singgah di Sragen akan semakin jarang.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge