0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Atraksi Barongsai Hibur Pengunjung Mall

(foto: Indira)

Solo – Ratusan pengunjung Solo Grand Mall memadati area parkir VIP, Sabtu (28/1). Sekitar pukul 13.00 WIB mereka dikejutkan bunyi musik khas Barongsai dari tambur, sebuah gong (tanpa bulatan kecil), dan tiga buah simbal yang ditabuh keras.

Barongsai berwarna kuning menyala langsung melancarkan aksinya bermanuver di tonggak besi setinggi 1,5 – 2,5 meter yang telah dikerumuni penonton.

“Kali ini Barongsai Tri Pusaka Solo melakukan atraksi tonggak dan juga Liong. Sengaja tidak dimainkan didalam (atrium-Red) untuk kenyamanan pemain. Kalau dimainkan didalam malah bahaya karena penonton pasti berkerumun. Justru diluar walaupun kurang nyaman kami coba menyesuaikan,” jelas Ketua Yayasan Tri Pusaka, Adjie Chandra kepada Timlo.net disela-sela atraksi.

Atraksi Barongsai Tonggak sudah menjadi agenda rutin Solo Grand Mall sejak enam tahun terakhir. Hiburan hasil modifikasi dengan media permainan tonggak dan bangku itu, imbuh Adjie, mulai dikenal di Kota Solo sejak tahun 2007 silam. Pasalnya, barongsai tradisi tidak ada atraksi tonggak dan kursi, hanya atraksi biasa.

“Dulu awal mula masuk Solo sekitar tahun 1999 hanya atraksi biasa. Namun seiring perkembangan jaman, orang-orang nonton kalau gitu aja rasanya kok nggak puas. Maka dimodifikasi dengan dipasang tonggak-tonggak yang sekarang justru jadi aturan main untuk lomba internasional,” beber dia.

Penampilan kali ini, pihaknya tidak mengacu standar internasional, artinya begitu barongsai naik di ujung, seharusnya meloncat sejauh 1,9 meter didepannya kemudian loncat lagi 1,9 meter. Namun, karena keterbatasan ruang Barongsai Tri Pusaka hanya memakai tonggak yang nyaman untuk kepentingan hiburan.

Pada kesempatan yang sama, General Manager Solo Grand Mall, Bambang Sunarno mentargetkan 20.000 pengunjung bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek 2017.

“Atraksi barongsai dan liong itu semacam trademark SGM saat Imlek. Jadi masyarakat sudah hafal dan selalu ramai pengunjung,” ungkapnya.

Selain pertunjukan barongsai dan liong, ada juga pembagian angpao kepada pengunjung mall oleh pria dari Tri Pustaka berkostum Dewa Uang. Sebagai simbol pemberi rejeki.

“Setelah tampil di parkiran VIP, barongsai dan liong arak-arakkan keliling tenant mulai dari lantai dasar sampai lantai tiga. Lanjut lagi atraksi pakai bangku di mini atrium,” imbuhnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge