0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Plt Gubernur DKI Sowan Sultan, Bahas Pengelolaan Daerah Istimewa

(merdeka.com)

Timlo.net – Jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI menemui Sri Sultan Hamengkubuwono X di Keraton Yogyakarta. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempelajari pengelolaan provinsi sebagai daerah istimewa.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono bersama dengan rombongan tiba di keraton pada Sabtu (14/1) pukul 19.20 WIB. Rombongan langsung diterima oleh Sri Sultan di Gedung Jeneh, Keraton Yogyakarta. Tiga Deputi Gubernur dan empat Asisten Sekda turut mendampingi dalam pertemuan.

Usai berbicang sejenak di dalam ruangan rombongan kemudian melakukan makan malam bersama dengan jajaran SKPD lainnya, di Bangsal Sri Manganti, yang juga masih di dalam lingkungan keraton.

“Maksud kami adalah mencoba melakukan liburan bersama sambil bekerja. Kami beri judul rapat kerja di atas gerbong kereta api Jakarta-Yogyakarta. Sekaligus kami ingin menimba ilmu di sini,” kata Sumarsono.

Sumarsono mengaku DKI sebagai daerah khusus ingin mempelajari mengenai pengelolaan daerah istimewa di Yogyakarta.

“DKI sama dengan Yogyakarta, bagian dari daerah yang khusus, seperti Papua dan DIY. Karena pola pengelolaan daerah khusus memiliki undang-undang sendiri,” ujar Sumarsono.

Pihaknya akan mendorong untuk dilakukan revisi undang-undang 29 tahun 2007 tentang Pemprov DKI sebagai Ibukota Negara. Karena selama ini dinilai banyak kebijakan yang tumpang tindih dalam pelaksanaan di Jakarta.

“Ke depan kami ingin ada aturan yang jelas apa yang jadi urusan Pemprov dan pemerintah pusat. Sekarang semua urusan campur. Dalam rapat yang kami gelar di atas kereta rekomendasinya mendorong revisi undang-undang itu, sehingga jelas apa yang menjadi kekhususan DKI,” jelas Sumarsono.

[ded]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge