0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Digeruduk Tukang Becak Ini Tanggapan Pemkot

Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat (dok.timlo.net)

Solo – Kenginan ratusan tukang becak dan ojek pangkalan yang menggelar aksi di Balaikota, Kamis (29/12) untuk menemui Walikota Solo tak bisa terwujud. Orang nomor satu di Solo itu sedang tidak di tempat saat mereka mendatangi gedung Balaikota. Sebagai gantinya, mereka ditemui Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Sudrajat.

“Saya akan sampaikan aspirasi teman-teman tukang becak kepada Walikota,” kata Yosca.

Ia menerangkan, Kota Solo termasuk salah satu kota yang sejak awal menolak adanya ojek online. Permohonan ijin sempat dilayangkan pihak pengelola ojek online kepada Pemkot Solo melalui Dishubkominfo. Namun dinas yang membidangi transportasi itu tidak memberi lampu hijau dengan alasan tidak ada dasar hukum yang bisa melegalkan ojek online.

“Kita juga koordinasikan dengan teman-teman yang mengurus perijinan agak tidak meloloskan permohonan ojek online. Dengan itu saja sudah mengurangi pergerakan mereka,” kata dia.

Ia mengklaim jumlah armada ojek online di Solo jauh lebih rendah dibanding kota-kota lain. Hanya saja ia tidak menyebutkan angka pasti jumlah armada ojek online di Solo maupun kota lain sebagai pembanding.

Lebih lanjut Yosca mengatakan, pernah mengadakan razia gabungan dengan pihak kepolisian untuk membatasi pergerakan ojek online. Operasi tersebut digelar tak lama setelah peristiwa pemukulan salah satu pengemudi ojek online di kawasan Purwosari beberapa bulan lalu.

“Kita sudah sampaikan kepada pengemudi ojek online yang tertangkap kalau masih nekat beroperasi di Solo akan ditindak,” kata dia.

Menanggapi ancaman sweeping dari para pengemudi becak dan ojek konvensional, Yosca meminta mereka tidak gegabah dalam bertindak. Ia mengimbau mereka menyerahkan sepenuhnya permasalahan ini kepada pemerintah dan kepolisian.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge