0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Buat Video 5 Menit, Remaja Ini dapat Beasiswa Rp 3,3 M dari Mark Zuckerberg

Deanna See. (Dok: Timlo.net/ Nextshark.)

Timlo.net—Seorang siswa dari Raffles Instituion di Singapura memenangkan beasiswa senilai $250 ribu (Rp 3,3 milyar) dari CEO Facebook Mark Zuckerberg. Dia memenangkan beasiswa ini setelah menciptakan sebuah video yang menjelaskan sebuah konsep ilmiah ke dalam istilah-istilah sederhana.

Siswa bernama Deanna See, 17, adalah salah satu dari dua pemenang dari the Breakthrough Junior Challenge untuk videonya berjudul “Superbugs! And Our Race Against Resistance”. Video itu membahas resistansi antibiotik. Videonya dipilih sebagai juara mengalahkan 6 ribu video dari 146 negara. Pemenang lainnya adalah Antonella Masini, 18, yang menciptakan video tentang belitan kuantum.

The Breakthrough Junior Challenge adalah kompetisi video ilmu pengetahuan global di mana para siswa diminta untuk menjelaskan ide-ide besar dalam bidang fisika, matematika dan ilmu pengetahuan secara kreatif. Video tidak boleh lebih dari lima menit dan akan dinilai berdasarkan empat kriteria: daya tarik, kejelasan, kreativitas dan kesulitan.

Para siswa bukanlah satu-satunya pemenang. Ada hadiah uang senilai $50 ribu yang diberikan pada para guru pemenang. Akan tetapi pemenang untuk kategori guru, Wong Seok Hui, seorang guru biologi yang juga adalah pegawai negeri tidak bisa menerima hadiah itu. Jadi uang itu akan masuk ke program beasiswa sekolah.

Raffles Girls’ School, tempat di mana Deanna See sekolah juga akan memperoleh sebuah lab ilmu pengetahuan baru dengan total nilai $100 ribu. Priscilla Chan, yang mendirikan kompetisi ini bersama suaminya Mark Zuckerberg menulis dalam situs mereka jika kedua pemenang itu memiliki masa depan yang cerah di bidang ilmu pengetahuan dan jika dia sangat gembira bisa menghargai karya mereka.

“Mereka juga merupakan pendongeng yang luar biasa, yang kemampuannya untuk menangkap ide-ide kompleks ini ke dalam cara-cara yang bisa diakses dan menyenangkan benar-benar menginspirasi. Saya tidak bisa melihat bagaimana mereka akan mengubah dunia,” tambahnya.

Sumber: Nextshark.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge