0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panen Raya, Harga Komoditas di Pasar Tradisional Kembali Turun

Bandoe Widiarto (Setyo Pujis)

Solo – Menjelang akhir tahun, harga sejumlah komoditas mengalami penurunan harga di sejumlah pasar tradisional. Turunnya harga tersebut lebih dipengaruhi karena sejumlah petani di berbagai daerah mulai masuk musim panen.

“Dari pantauan kami di lapangan memang harga komoditas seperi cabai rawit merah, cabai merah besar dan bawang merang berangsur turun,” ujar wakil Ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Rabu (30/11).

Dirinya mengatakan, salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan harga karena pasokan barang dari petani berlimpah. Mengingat saat ini di beberapa daerah produsen sedang masuk masa panen raya, seperti di Sulawesi, Kediri dan Banyuwangi.

“Seperti cabai merah besar yang pekan lalu masih di harga Rp 50-60 Ribu per kilogram saat ini sudah turun di kisaran Rp 45 Ribu per kilogram. Begitu juga cabai rawit merah yang sebelumnya mencapai Rp 50-55 Ribu per kilogram kini sudah turun di kisaran Rp 40-an Ribu perkilogram,” jelasnya.

Kendati cenderung mengalami penurunan, namun ia mengaku ketiga komoditas tersebut akan terus dilakukan pemantauan. Supaya pada saat konsumsi meningkat, khususnya jelang Natal dan Tahun Baru harga bisa tetap stabil.

“Karena kalau melihat inflasi tahun lalu, saat akhir tahun lonjakannya luar biasa atau diangka 0,99 persen. Oleh karena itu, kita berharap tahun ini tidak terulang,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge