0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Karanganyar Siap ber-Bhinneka Tunggal Ika

Apel Nusantara Bersatu dengan tema "Indonesia ku Indonesia mu Indonesia kita bersatu Bhinneka Tunggal Ika" (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Semua elemen masyarakat Kabupaten Karanganyar  bertekad bersatu padu menciptakan kedamaian dalam kebhinnekaan. Hal tersebut diwujudkan dalam Apel Nusantara Bersatu dengan tema “Indonesia ku Indonesia mu Indonesia kita bersatu Bhinneka Tunggal Ika” yang diselenggarakan oleh Kodim 0727/Karanganyar, Rabu (30/11).

“Jutaan warga negara berjuang untuk mewujudkan NKRI, kita sebagai generasi penerus hendaknya bisa menjaga keutuhannya,” kata Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letkol Czi Santy Karsa Tarigan, Rabu (30/11).

Dandim menegaskan dari suku, bangsa, ras dan warna kulit yang berbeda mereka bertekat untuk menegakkan diri sebagai negara yang berdasarkan hukum berideologi Pancasila.

“Mereka ber-Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu,”  jelas Letkol Santy Karsa Tarigan.

Dandim menambahkan, Pluralitas adalah sebuah kenyataan tak terelakkan. Sehingga toleransi menjadi satu-satunya persyaratan utama, untuk menciptakan harmoni dan keselarasan dalam masyarakat yang majemuk.

“Atas dasar toleransi, dapat memahami kesalahan orang lain, serta menghormati gagasan dan ide yang berbeda, dan ikhlas memaafkan segala sesuatu yang harus dan layak dimaafkan, ” jelasnya.

Dandim mengingatkan, warga Karanganyar hendaknya waspada terhadap upaya adu domba dari pihak manapun serta oknum yang tidak bertanggungjawab, yang mengatas nama apapun.

“Kita bersama-sama siap melawan, segala bentuk aksi kekerasan, radikalisme dan terorisme. Mendukung sepenuhnya tindakan tegas terhadap setiap aksi yang menimbulkan perpecahan dan berpotensi mengancam persatuan bangsa,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge