0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kawasan Gatsu Harus Steril dari Kendaraan Bermotor

Jalan Gatot Subroto Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)
Solo — Kondisi semrawut kawasan proyek penataan koridor Gatot Subroto (Gatsu) dikeluhkan sejumlah pihak. Bahkan Komisi II DPRD Kota Surakarta mendesak agar kawasan tersebut steril dari kendaraan bermotor untuk mengurangi kesemrawutannya.
“Baru selesai dipasangi lantai marmer, tapi malah sudah dipakai untuk parkir kendaraan, hal ini bisa membuat cepat rusak,” ungkap anggota Komisi II DPRD Kota Surakarta, Ginda Ferachtriawan, Rabu (2/11).
Harusnya, lanjut Honda, dinas terkait segera berkoordinasi untuk kemudian melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan mengetahui kawasan tersebut diperbolehkan untuk parkir atau tidak.
“Perlu dipertegas juga apakah benar harus steril atau boleh untuk parkir,” katanya.
Ginda menambahkan, jika merujuk pada konsep awal penataan, koridor tersebut memang hendak dijadikan sebagai kawasan citywalk. Dengan demikian, semestinya akses jalan harus steril dari kendaraan sejak awal.
“Mestinya kawasan itu steril. Apalagi sudah ada blind track jadi kan tidak bisa parkir. Kan tidak mungkin jalur untuk tuna netra tapi dipakai kendaraan,” tandasnya.
Disinggung mengenai proyek penataan koridor Gatsu, Ginda menuding salah satu faktor penghambat adalah penanganan pemindahan kabel aliran listrik yang hingga kini belum tuntas. Faktor non teknis tersebut diperparah dengan konsep pengerjaan proyek yang terkesan asal-asalan.
“Waktunya sudah mepet segera saja koordinasikan. Apalagi proyek harus selesai pada Desember nanti,” imbuhnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge