0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Resmi, Asmindo Keluar dari HIMKI

Ketua Tim Caretaker Asmindo, M David R Wijaya (dua dari kiri) saat menggelar jumpa pers dengan awak media (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) resmi tarik penggabungan dari Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Rabu (26/10). Penarikan tersebut didasarkan pada manajemen pengelolaan HIMKI, yang dianggap selama ini tidak dapat mengakomodir semua kepentingan dari Asmindo.

“Kalau kita melihat semangat dan asas penggabungan dua asosiasi antara Asmindo dan AMKRI menjadi HIMKI dulu adalah kesetaraan, kebersamaan dan keadilan. Tapi ternyata dalam perjalanannya, banyak kebijakan HIMKI justru abai terhadap asas tersebut,” ujar Ketua Tim Caretaker Asmindo, M David R Wijaya kepada wartawan.

Oleh karena itu, dalam acara rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Asmindo yang digelar hari ini, mayoritas pengurus sepakat untuk memutuskan keluar dari HIMKI. Dirinya mengatakan, keputusan penarikan tersebut didasarkan pada banyak hal, diantaranya adalah dari 24 komisariat daerah (Komda) Asmindo secara nasional hanya sembilan yang diakomodir dalam HIMKI. Sementara sisanya tidak jelas nasibnya, karena tidak diakui keberadaannya.

“Belum lagi persoalan lain seperti SVLK, dimana selama ini secara prinsip Asmindo sangat mendorong untuk diberlakukan, tapi justru HIMKI menolak,” jelasnya.

Sementara itu anggota Tim Caretaker Asmindo, Slamet Raharjo dalam kesempatan yang sama menambahkan, sebenarnya Asmindo tidak anti untuk melakukan penggabungan, asalkan asas 3 K atau kesetaraan, keadilan dan kebersamaan dapat dijalan dengan baik. Namun karena pola pengelolaan organisasi yang dijalankan HIMKI selama ini tidak seperti yang diharapkan, semua pengurus Asmindo akhirnya sepakat untuk memutuskan keluar dari penggabungan.

“Oleh karena itu, dengan adanya Rapimnas ini kita ingin menata ulang organisasi Asmindo. Dari 24 Komda di Indonesia, 19 diantaranya sudah hadir dan menyepakati untuk membangun Asmindo kembali,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge