0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Program Keluarga Harapan Digelontor Rp 40 M

Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti (timlo.net)

Solo — Program Keluarga Harapan (PKH) yang dicanangkan Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial bakal menggelontorkan bantuan anggaran senilai Rp 40 Miliar. Dana tersebut merupakan bantuan untuk Kota Surakarta di 2017 mendatang.

“Ini memang program pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Hartanti, Selasa (25/10).

Hartanti menjelaskan, skema bantuan PKH nantinya meliputi bantuan tetap, bantuan usia di bawah enam tahun, ibu hamil menyusui, bantuan anak peserta pendidikan setara SD/MI atau sederajat, bantuan anak peserta pendidikan setara SMP/MTS atau sederajat, hingga bantuan anak peserta pendidikan setara SMA/MA atau sederajat.

“Tahun ini, terdapat dua skema bantuan baru untuk penyandang disabilitas berat dan lanjut usia 70 tahun ke atas,” ungkap Hartanti.

Angka tersebut terbilang cukup besar untuk skala pendanaan PKH. Untuk itu, Hartanti mendorong adanya koordinasi pendataan masyarakat penerima program tersebut. Terlebih, Program layanan Elektronik Warung Kelompok Usaha Bersama (e-Warung KUBE) yang berkaitan dengan PKH belum berjalan dengan baik.

“Masih ada perbedaan data dari Biro Pusat Statistik dan Pemkot Surakarta,” jelasnya.

Di satu sisi, seluruh bantuan dari pusat akan dikoordinasikan oleh dinas sosial. Namun, di Kota Solo masih ada perbedaan pendataan warga miskin yang juga dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) maupun Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

“Koordinasi dinas sosial dengan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) juga belum klop,” sebutnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge