0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

607 Siswa SD Cengklik Belajar Lalu-Lintas

Siswa SDN Cengklik belajar lalu-lintas (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Sebanyak 607 siswa SD Negeri Cengklik, Solo belajar tertib berlalulintas. Pelajaran berlangsung di halaman sekolah dengan dipandu petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Surakarta, Selasa (30/8).

“Supaya siswa bisa disiplin dalam berlalulintas. Untuk itu sekolah SDN Cengklik  bekerjasama dengan Dishubkominfo Kota Surakarta untuk memberikan kegiatan kepada siswa terkait kelalulintasan,” ujar Kepala SDN Cengklik, Y Tatik Listyowati saat bertemu wartawan.

Kebetulan lokasi SDN Cengklik berada di depan jalan besar. Depannya ada SPBU, disampingnya ada SMAN 5 dan SMAN 6. Sehingga kalau jam berangkat sekolah situasinya sangat ramai. Karena itu, siswa perlu diajari tentang bagaimana bersepeda yang benar, bagaimana harus menyeberang dan juga dikenalkan dengan rambu-rambu lalu lintas.

Pembelajaran dimulai dari permainan ular tangga besar, yang berisi gambar-gambar cara berlalulintas dan rambu-rambu lalu lintas. Dalam permainan ular tangga tersebut bisa diambil pelajaran, jika dalam berlalu lintas itu tertib maka perjalanan bisa aman, lancar, nyaman dan selamat. Namun sebaliknya jika tidak tertib, maka akan merugikan diri sendiri dan orang lain serta bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, siswa juga mendapatkan sosialisasi keselamatan bersepeda. Siswa dipersilahkan menggunakan beberapa sepeda yang telah disediakan. Seperti siswa,  satu per satu disuruh untuk naik sepeda melewati polisi tidur, belokan, perempatan yang juga dilengkapi dengan rambu lalu lintas. Siswa yang naik sepeda ini pun dilengkapi dengan rompi dan mengenakan helm. Siswa pun dikenalkan bagaimana cara menyeberang melewati zona selamat sekolah tersebut.

Sementara itu, Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Kota Surakarta Ari Wibowo mengharap dari kegiatan ini memberikan edukasi tertib berlalu lintas sejak dini kepada masyarakat. “Kalau sejak kecil sudah tertib, maka ketika dewasa pun sudah terbangun dengan budaya tertib berlalu lintas,” ujarnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge