0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dentuman di Langit Berasal dari Pesawat Tempur TNI AU

Sukhoi dan F-16 kawal pesawat kepresidenan (merdeka.com)

Timlo.net – Suara ledakan keras di langit yang menghebohkan warga Solo dan sekitarnya, Selasa (30/7) dipastikan berasal dari sonic boom pesawat tempur TNI AU yang tengah mengudara dari Lanud Iswahyudi Madiun. Saat ini, semua pesawat yang berlatih sudah kembali ke pangkalannya.

Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang, Agus Haryono dalam penjelasannya ke Timlo.net mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Lanud Adi Soemarmo di Solo dan mendapat kepastian, tidak ada pesawat jatuh sebagaimana kabar yang beredar.

Baca: Kapolres: Tidak Ada Pesawat Jatuh di Karanganyar

“Dari Kadisops Lanud Adi Soemarmo, Letkol Tarigan ada info, itu memang berasal dari sonic boom pesawat tempur dari Lanud Iswahyudi. Sekarang semua pesawatnya sudah mendarat dengan selamat,” ujarnya.

Sonic boom timbul saat pesawat supersonik memasuki kecepatan suara.  Kerucut udara yang terbentuk di belakang pesawat, saat menyatu kembali menimbulkan suara menggelegar yang bisa memecahkan kaca-kaca jendela di daratan yang dilalui.

Baca: Ini Penjelasan Ilmiah Terjadinya Sonic Boom di Langit Solo

Sejumlah warga Solo, Karanganyar, Sukoharjo, Sragen melaporkan adanya suara ledakan keras yang membuat kaca-kaca jendela rumah bergetar hebat. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan, tapi di tengah-tengah suasana panik ada yang mengunggah gambar lama saat pesawat Hercules TNI AU A 1325 jatuh di Magetan beberapa tahun lalu.

Editor : Ari Kristyono

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge