0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Singosaren Dapat Giliran Pertama Uji Coba E-retribusi

(foto: Rosyid)

Solo – Setelah menyiapkan sistem selama beberapa bulan, Dinas Pengelola Pasar (DPP) akhirnya mengujicobakan E-retribusi ke sejumlah pasar tradisional di Solo. Pasar Singosaren mendapat giliran pertama kali untuk menjajal sistem penarikan retribusi secara elektronik itu. Para pedagang peserta uji coba telah membuka rekening khusus di depan Pasar Singosaren, Senin (29/8).

“Untuk tahap uji coba ini baru 30 pedagang dulu. Tapi satu pedagang ada yang punya lebih dari satu kios. Maksimal empat kios untuk satu pedagang,” kata Lurah Pasar Singosaren, Sukadi, Senin (29/8).

Untuk membayar retribusi secara elektronik, para pedagang harus memiliki rekening dengan kartu khusus. Untuk membayar retribusi, pedagang cukup menempelkan kartu itu ke EDC (Electronic Data Capture) berbasis NFC (Near Field Communication) yang akan dipasang di Pasar Singosaren. Otomatis, tabungan yang tersimpan di rekening akan terpotong sesuai besaran retribusi yang menjadi kewajiban pedagang.

“Pembuatan rekeningnya mulai hari ini (Senin). Untuk pemungutan retribusi secara elektronik kita mulai bulan depan,” kata Sukadi.

Selama ini, pedagang biasa membayar retribusi secara langsung kepada petugas pasar yang setiap hari berkeliling ke kios-kios pasar. Retribusi dibayar sebulan sekali dengan besaran bervariasi sesuai luas dan lokasi kios. Sukadi mengklaim selama ini di Pasar Singosaren penarikan retribusi berjalan lancar tanpa ada masalah.

“Tidak ada yang menunggak. Target kita juga selalu terpenuhi,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge