0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Kemarau Basah, Daerah Langganan Kekeringan Aman

Ilustrasi kekeringan ()

Sukoharjo — Musim kemarau basah yang terjadi hingga Desember mendatang mengakibatkan hujan masih terjadi di sebagian besar wilayah di Sukoharjo dan sekitarnya. Kondisi ini justru menjadikan ketersediaan air di daerah langganan kekeringan dan krisis air bersih masih tercukupi.

“Musim kemarau basah diprediksi hingga Desember mendatang dan justru kondisi ini belum ada daerah yang melaporkan mengalami kekurangan air bersih. Dan pengajuan hingga sekarang juga belum ada, padahal biasanya sudah ada pengajuan air bersih,” kata Kepala BPBD, Suprapto, Senin (29/8).

Pada tahun-tahun sebelumnya, pada akhir Bulan Agustus, permohonan droping air bersih sudah ada dari sejumlah daerah di kawasan selatan Sukoharjo. seperti di Kecamatan Bulu, Kecamatan Weru dan Kecamatan Tawangsari yang hampir setiap tahun mengalami kekurangan air bersih.

Pengaruh musim kemarau basah juga berdampak kepada bidang pertanian yang saat ini masih tercukupi kebutuhan air untuk pengairan sawah petani. Meskipun di beberapa lokasi, sejumlah petani sudah mulai menggunakan pompa air untuk mengairi lahan mereka yang mulai mengering.

“Kondisi ini dari BNPB tidak mengeluarkan instruksi terkait musim kemarau yang mengakibatkan kekeringan dan krisis air bersih. Namun demikian, kita sudah berkordinasi dengan warga di daerah yang menjadi langganan kekeringan agar segera melapor jika mengalami kekurangan air bersih,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge