0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

13 September, Purwosari-Gendengan Satu Arah

Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Sudradjad (dok.timlo.net)

Solo — Penerapan Sistem Satu Arah di Jalan Slamet Riyadi ruas Purwosari – Gendengan akan segera direalisasikan dalam waktu dekat. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Solo berencana menerapkan SSA di ruas jalan itu pada 13 September mendatang.

“Ini kita ajukan dulu ke Bapak Walikota. Kalau disetujui, kita segera eksekusi,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Sudrajat ketika ditemui wartawan di Balaikota Solo, Senin (29/8).

Persiapan SSA di ruas jalan itu sendiri sebenarnya sudah pertama kali diwacanakan pada bulan Mei silam. Rambu-rambu pendukung SSA telah dipasang pada bulan Juli. Hanya saja, rambu-rambu tersebut masih ditutup karena belum berlaku. Namun marka di ruas jalan itu belum disesuaikan untuk penerapan SSA.

“Tinggal pelaksanaannya. Kajian SSA juga sudah selesai dan tidak ada masalah. Ini kan hanya manajemen lalu lintas. Bukan mau membangun jalan layang,” kata Yosca.

Sejak wacana penerapan SSA di Jalan Slamet Riyadi dilontarkan, banyak pihak yang mempertanyakan dampaknya terhadap jalan lainnya. Mereka merujuk pada penerapan SSA di Jalan Radjiman yang mengakibatkan padatnya lalu lintas di Jalan Samanhudi. Hal itu, menurut Yosca, tidak layak dipermasalahkan.

“Jalan itu kan milik umum. Bukan milik warga yang tinggal di sekitar jalan itu apalagi kelompok tertentu. Jadi kita tidak boleh melarang orang lain untuk lewat,” kata dia.

SSA sendiri selama ini dinlai menjadi solusi permasalahan kepadatan lalu lintas di banyak kota. Penerapan SSA ditujukan untuk mengatasi pertumbuhan jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan. Dengan SSA, kapasitas jalan bisa ditingkatkan tanpa harus membangun jalan baru.

“Ke depan jumlah kendaraan di Solo akan sangat banyak. Kalau tidak diantisipasi mulai sekarang, akan jadi masalah di masa depan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge