0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kejari Terima Laporan Penyimpangan Pengadaan Seragam SMAN 3

(Ilustrasi) Uang (dok.timlo.net/red)

Solo – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Solo telah menerima laporan terkait dugaan penyimpangan pegadaan seragam sekolah di SMA Negeri 3 Solo sejak Kamis (25/8) lalu. Penyimpangan tersebut terjadi pada tahun ajaran 2016/2017 kemarin.

“Salah satu poin laporannya adalah, sekolah meminta siswa membeli tiga stel seragam di koperasi sekolah seharga Rp1,3 juta,” terang Kasi Intel Kejari Solo, Kurniawan, Minggu (28/8).

Dikatakan, sebanyak 17 wali murid siswa melaporkan pungutan liar tersebut. Harga tiga stel seragam sekolah senilai Rp 1,13 juta tersebut dinilai sangat mahal dibandingkan harga pasaran pada umumnya. Jumlah siswa yang telah membeli seragam tersebut sebanyak 448 siswa, sehingga terkumpul uang senilai Rp 507,136 juta.

“Nah, mereka mempertanyakan perihal pertanggung jawaban dari uang tersebut,” tandas Kurniawan.

Menurut mereka, lanjutnya, pengadaan seragam tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor (PP) Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelengaraan Pendidikan dan Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014 Bab IV pasal 4 tentang Pengadaan Pakaian Seragam Sekolah.

Parahnya lagi, para pelapor juga masuh menyertakan dana pungli uang gedung, yang dinilai melanggar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 60/2015 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2016, Bab II A.

“Kami akan mempelajari isi aduan dari wali siswa terlebih dulu. Surat aduan ini juga belum disampaikan ke kepala Kajari Solo,” terangnya.

Rencananya, Kejari akan berkoordinasi dengan inspektorat Pemkot Solo dalam menangani kasus itu. Hal itu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Tim Pengawal dan Pengamanan Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D), yang telah ditandatangani bersama.

“Nanti, kami akan bekerjasama sesuai ketentuan TP4D yang telah disepakati,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge