0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seluruh Jamaah Haji Wajib Pakai Gelang Khusus Selama di Arab Saudi

Gelang elektronik (merdeka.com)

Timlo.net – Seluruh jamaah haji mulai tahun ini diberi penanda khusus berupa gelang elektronik. Gelang yang dikeluarkan oleh kerajaan Arab Saudi ini fungsi utamanya adalah untuk alasan keamanan dan keselamatan.

Gelang yang baru diperkenalkan tahun ini terilhami oleh insiden desak-desakan saat prosesi lempar jumroh pada musim haji tahun lalu. Ratusan jemaah haji, termasuk 120 jemaah haji asal Indonesia menjadi korban meninggal dunia dalam insiden tersebut.

Menurut Ketua PPIH Arab Saudi, Ahmad Dumyati, khusus untuk jemaah haji Indonesia, gelang tersebut diproduksi di Kantor Urusan Haji, Jeddah.

“Pihak muassasah memberitahunya baru-baru ini, akhirnya pembuatannya kita take over di sini,” kata Dumyati di Kantor KUH, Sabtu (27/8).

Dumyati mengatakan, harga produksi per gelang ini menurut Dumyati 1,4 Riyal, atau sekitar Rp 5.000.

Adapun gelang elektronik tersebut memiliki beberapa keistimewaan di antaranya, mempercepat identifikasi jemaah haji, ID tersebut dapat dibaca secara elektronik, kementerian dapat mengetahui/mengakses database jemaah haji, mempermudah pertolongan jemaah haji dengan perantara ID yang ada di gelang tersebut, meningkatkan performa pelayanan dalam bidang haji & umrah, mempersingkat durasi pelayanan, serta penerapan keterbukaan dan transparansi informasi.

Jauh sebelum pemberlakuan gelang elektronik dri pemerintah Arab Saudi, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan gelang khusus bagi jemaah haji Indonesia. Gelang yang terbuat dari logam itu berisi nama, nomor paspor, embarkasi, asal negara serta simbol Merah Putih serta Garuda Pancasila.

Selain gelang identitas, jemaah haji Indonesia juga diberikan gelang rekam kesehatan jemaah dengan risiko kesehatan tinggi. Gelang warna merah dipakai jemaah resiko tinggi yang memang punya penyakit serius dan segera ditangani. Gelang berwarna kuning dipakai jemaah haji resiko tinggi dengan riwayat penyakit gampang jatuh dan gelang warna hijau digunakan untuk jemaah haji resiko tinggi yang mempunyai penyakit ringan.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge