0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Idul Adha, Pedagang Mulai Tambah Stok Hewan

Pedagang hewan kurban (foto: Setyo)

Solo – Menjelang hari raya Idul Adha, permintaan hewan kurban di Pasar Semanggi masih sepi pembeli. Meski demikian, untuk mengantispasi lonjakan sejumlah pedagang sudah mulai banyak yang melakukan penambahan stok hewan kurban.

“Permintaan hewan belum ada kenaikan yang berarti. Karena kondisi itu, harganya saat ini juga cenderung stabil bahkan lebih murah jika dibanding periode sebelumnya,” ujar salah satu pedagang, Irfan Mahfud kepada wartawan, Sabtu (27/8).

Dikatakannya, permintaan hewan kurban dari masayarakat diprediksi akan mengalami lonjakan pada sepekan sebelum hari H. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi lonjakan, penambahan stok hewan sudah mulai dilakukan.

“Jika biasanya kita hanya menyediakan 100 ekor, pada momen Idul Adha ini kita tambah menjadi 250 ekor. Sedangkan harganya sendiri kita tawarkan mulai dari Rp 1-3 Juta per ekor,” jelas dia.

Kondisi yang sama juga dirasakan pedagang lainnya. Salah seorang pedagang kambing, Supeno mengaku saat ini permintaan masih landai. Meskipun demikian, ia optimis permintaan hewan kurban khususnya kambing bisa lebih baik pada tahun ini.

“Hal itu mengingat harga sapi terus mengalami lonjakan tajam setiap tahunnya. Sehingga kita optimis untuk keperluan Idul Adha nanti akan banyak masyarakat yang beralih ke kambing,” tandasnya.

Kendati demikian, dirinya tidak menargetkan penjualan selama musim kurban tahun ini. Alasannya karena modalnya minim dan tidak ingin mengambil resiko.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge