0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Staf Menteri Perdagangan Ingin Pasar Klewer Tidak Diisi Pedagang Baru

Staff khusus Menteri Perdagangan, Eva Yuliana (foto: Rosyid)

Solo – Kementerian Perdagangan terus memantau proses pembangunan Pasar Klewer. Staff khusus Menteri Perdagangan, Eva Yuliana meninjau proses pembangunan Pasar garmen di kompleks Keraton Kasunanan Surakarta itu untuk memastikan pasar terintegrasi dengan baik dari sisi sosial dan budaya.

“Pasar Klewer ini kan spesial ya. Jadi kita ingin agar Solo benar benar menjadi ikon budaya di Jawa Tengah,” kata dia di sela sela kunjungannya, Sabtu (27/8).

Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam kunjungannya adalah adanya zonasi yang akan dilakukan oleh Dinas Pengelola Pasar (DPP) Kota Solo. Ia meminta agar zonasi tidak menimbulkan masalah baru baik antara pedagang dengan pemerintah maupun antara satu pedagang dengan pedagang lain.

“Masalah zonasi ini belum final. Akan kita bicarakan lagi lebih lanjut,” kata dia.

Selain itu, ia datang untuk memastikan bahwa jumlah kios tidak bertambah dari jumlah semula sebelum pasar terbakar 2014 lalu. Dengan demikian dipastikan pasar Klewer tidak akan diisi dengan pedagang baru.

“Kita pastikan bahwa pembangunan Pasar Klewer ini memang untuk para pedagang yang sejak dulu berjualan di sini. Bukan untuk pedagang pedagang baru,” kata dia.

Sementara itu, Kepala DPP, Subagyo yang mendampingi Eva Yuliana membenarkan bahwa pedagang pasar Klewer bisa berjualan kembali di kios pasar Klewer yang baru tanpa pungutan biaya sama sekali. Syaratnya, pedagang yang bersangkutan harus menunjukkan Surat Hak Penempatan dan KTP asli.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge