0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gotong Royong, Tentara Buatkan Jamban untuk Warga Miskin

(Ilustrasi) Proyek jambanisasi (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – TNI saat ini sedang menggalakkan program Gerakan Membangun Satu Juta Jamban Untuk Keluarga Indonesia atau disingkat Gema Sang Juara. Program tersebut dilaksanakan serentak seluruh Indonesia hingga tingkat kecamatan dan desa. Di Sragen sendiri program ini telah berjalan, termasuk yang dilakukan di wilayah Kecamatan Sambirejo.

“Gema Sang Juara tersebut akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan dalam rangka membantu pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Danramil 08/Sambirejo, Kapten Inf Yudo Triwidodo, mewakili Dandim 0725/Sragen, Letkol Inf Denny Marantika, Jumat (26/8).

Di sela-sela pembuatan jamban di rumah Joko Purnomo, warga Dukuh Siwalan RT 05, Desa Sambi, Yudo mengatakan, pembuatan jamban itu dilakukan secara bersama-sama antara masyarakat dibantu oleh petugas Babinsa desa setempat sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Menurutnya prioritas dari jambanisasi secara massal ini adalah mengutamakan warga miskin atau kurang mampu. Selama ini memang masih ada sebagian warga ketika buang hajat masih di sungai dan di kebun, sehingga sangat mengganggu lingkungan.

“Setelah ada jambanisasi ini, diharapkan tak ada lagi warga yang buang air di sungai atau kebun,” ujar Yudo.

Dia menambahkan, selain di Sambi, jambanisasi juga dilaksanakan di beberapa desa lain yang ada di wilayah Koramil 08/Sambirejo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge