0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kades Jabung Divonis Bebas, MAKI Surati MA

Wakil ketua MAKI, Arif Sahudi (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melayangkan surat ke Mahkamah Agung (MA), terkait dengan putusan bebas kasus penipuan dan penggelapan yang melibatkan Kepala Desa (Kades) Jabung, Kecamatan Plupuh. MAKI meminta Ketua Muda Kamar Pidana MA, Artidjo Alkotsar memeriksa putusan dari Pengadilan Negeri (PN) Sragen tersebut.

“Menurut majelis hakim PN Sragen tidak ada unsur penipuan, tidak ada unsur yang dirugikan. Tapi berkas P21 menunjukkan bahwa unsur tersebut memenuhi,” kata Wakil ketua MAKI, Arif Sahudi, Kamis (25/8).

Arif menyatakan, Kades Jabung, Triyono sebelumnya menjadi tersangka dalam penipuan program P2OA. Yaitu program pemerintah untuk pembangunan jalan.

Sebagai syaratnya warga diminta untuk mengumpulkan dana swadaya untuk memudahkan pencairan program. Masing-masing dukuh dimintai dana Rp 10 hingga Rp 15 juta.

Namun saat MAKI mengonfirmasi pada Pemprov Jawa Tengah, ternyata tidak ada program tersebut. Dengan demikian jelas kalau Kades Jabung telah melakukan penipuan dan penggelapan sesuai pasal 378 jo 372 KUHP.

“Tapi ternyata pengadilan memutus bebas. Ini aneh dan jelas menciderai rasa keadilan,” katanya.

Untuk itu pihaknya menyurati MA untuk mengusut tuntas atas vonis bebas yang ditujukan pada Kepala Desa Jabung tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge