0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengiriman Sapi Kurban ke Luar Kota Mulai Meningkat

Pasar sapi Pracimantoro, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Menjelang Idul Adha, lalu lintas pengiriman sapi ke luar Wonogiri terus mengalami peningkatan. Meski demikian, harga sapi kurban di pasaran belum mengalami kenaikan yang berarti.

“Memang mengalami kenaikan sekitar Rp 2 juta per ekornya tapi kenaikan ini sudah terjadi sejak akhir bulan Juli lalu,” ungkap pedagang sapi asal Wonogiri Wisnu, Kamis (25/8).

Sedang laju angka pengiriman sapi kurban dari Wonogiri ke luar kota belakangan ini mengalami peningkatan.  “Untuk prosentase peningkatannya sekitar 30 persen,” jelas  Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri, Rully Pramono Retno.

Menurutnya, angka prosentase pengiriman sapi daerahnya itu bakal terus meningkat seiring dengan semakin dekatnya Hari Raya Kurban. Seperti diketahui, karena populasi ternak sapi potong di Wonogiri selama ini terbesar kedua di wilayah Jawa Tengah setelah Blora.

Diungkapkan, untuk mengantisipasi pengiriman sapi kurban yang tidak layak potong keluar daerah pihaknya kini saban hari pasaran harus keliling kabupaten untuk memantau pasar hewan yang ada di daerah Wonogiri. Bahkan, dirinya terjun langsung bersama petugas lapangan, secara bergantian ke sejumlah pasar hewan yang ada di Wonogiri. Pihaknya juga melarang keras pengiriman sapi kurban yang tidak layak potong ke luar kota.

“Alhamdulillah selama kami cek ke sejumlah pasar hewan yang ada belum pernah memergoki ada sapi yang tidak sehat atau berpenyakit dijualbelikan para blantik,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge