0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dianggap Menghina Jokowi, Dua Pengguna Facebook Dipolisikan

Pengacara melaporkan pengguna facebook yang dianggap menghina Jokowi (merdeka.com)

Timlo.net – Aliansi Masyarakat Luat Pahae melaporkan dua pengguna sosial media facebook ke Polda Sumatera Utara karena dianggap menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kedua akun itu bernama Nunik Wulandari II dan Andi Redani Putribangsa. Pelaporan ini dilakukan pada Selasa (23/8) kemarin.

Keduanya menuliskan kata-kata tak pantas dan memposting foto presiden yang mengenakan pakaian adat Batak saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba beberapa hari lalu.

“Kita terhina, saya sebagai orang Batak terhina. Saat Jokowi dikasih pakaian adat Batak dan dipakai, itu yang dihinanya, saya sebagai orang batak terhina. Ini menyangkut ITE,” kata Ketua Aliansi Masyarakat Luat Pahae, Lamsiang Sitompul, Rabu (24/8).

Atas alasan tersebut, kedua akun Facebook tersebut dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE juncto Pasal 157 KUHP. Dia mengaku kecewa dengan tulisan kedua akun tersebut yang sudah menghina pakaian kehormatan yang dikenakan Jokowi.

“Jelas sekali dia menghina Batak. Bagi kita ini sudah penghinaan, dan kalau melaporkannya harus orangnya langsung yang mengadu, nah sebagai orang Batak yang dihina kita laporkan karena merasa terhina,” tegas Lamsiang yang berprofesi sebagai pengacara ini.

Meski demikian, Lamsiang meyakini ada sejumlah akun Facebook lain yang melakukan tindakan serupa, tidak hanya Nunik Wulandari II dan Andi Redani Putribangsa. Hanya saja, sampai dengan pelaporannya ke kepolisian, dia hanya menemukan kedua nama tersebut.

“Kita akan laporkan kalau siapapun yang pakai baju adat Batak dihina. Kebetulan yang pakai presidennya,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang dihelat di Balige, Toba Samosir, Minggu (21/8). Selama berlangsungnya acara, Jokowi didaulat untuk mengenakan pakaian kehormatan adat Batak, pakaian ini disebut-sebut merupakan busana yang dipakai raja-raja Batak terdahulu.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge