0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Sragen, Ketua DPRD dan Dandim Main Ketoprak

Pagelaran ketoprak humor "Kidung Bumi Sukowati"di Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Untuk pertama pertama kalinya, Sragen menggelar hiburan ketoprak humor yang semua pemainnya diperankan oleh pejabat. Tidak hanya Bupati dan Wabup, tapi juga Ketua DPRD, Dandim, Kajari, Wakapolres, Sekda dan lainnya terlibat menjadi peran utama.

“Semua pemainnya adalah para pejabat di Sragen. Ini adalah hiburan rakyat untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Kabag Humas dan Protokoler Setda Sragen, Tugino, Rabu (24/8).

Dalam ketoprak humor yang digelar di Alun-alun Sasono Langen Putro Sragen, Selasa (23/8) malam mengambil judul “Kidung Bumi Sukowati”. Tema itu mengisahkan tentang keangkaramurkaan dan adu-domba di pemerintahan harus dihilangkan demi kemajuan Bumi Sukowati.

Dalam kisah tersebut Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati berperan sebagai Adipati Bumi Sukowati. Dari pengamatan di lapangan, masing-masing pemeran ketoprak tidak mengalami kesulitan yang berarti.

Pasalnya, dialog yang dibawakan hanya menjelaskan tupoksi keseharian para pejabat itu sendiri. Jadi seperti rapat yang sesungguhnya, hanya saja dengan nama-nama yang berbeda.

Namun pesan moral yang disampaikan dalam ketoprak humor ini adalah mengajak rakyat Sragen untuk membangun Sukowati dengan mengutamakan guyub rukun dan menjauhi segala hal yang memecah persatuan dan kerukunan di seluruh wilayah Kabupaten Sragen.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge