0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingin Jadi Wirausahawan Sukses? Ini Kiatnya

UTP Surakarta menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan Berbasis Potensi (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan Berbasis Potensi, di kampus setempat, Rabu (24/8). Tampil sebagai narasumber, antara lain Pemimpin PT BNI Persero  Kantor Cabang Pembantu Sukoharjo Mochammad Arief Budiyanto dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Surakarta Haryanto MT.

“Tahap awal memulai wirausaha harus tahu potensi diri, dan meraih sukses harus bekerja dengan senang untuk mencapai hasil sempurna,” kata Mochammad Arief Budiyanto.

Dijelaskan, wirausahawan selalu berusaha mencari dan memanfaatkan peluang usaha yang dapat memberikan keuntungan. Keberhasilan wirausaha sangat tergantung pada visi yang jelas, inisiatif dan proaktif, berorientasi pada prestasi, berani mengambil resiko, mau kerja keras, bertanggungjawab, komitmen, serta menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak.

Sedang Ketua KADIN Surakarta Haryanto memaparkan pengalaman usahanya yang juga sempat jatuh bangun dan melalui tahapan-tahapan untuk bangkit dan mencapai sukses. Kiat sukses yang disampaikan di antaranya lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME, tidak adigang, adigung dan adiguna, serta bekerja ikhlas, tepat waktu, komitmen dan jujur.

Sementara itu Ketua Panitia Seminar Syahriar Abdullah mengatakan, seseorang yang berminat  untuk  berwirausaha harus tahu potensi yang dimiliki dengan menambah ketrampilan melalui kegiatan seperti seminar ataupun sejumlah pelatihan. Selain itu, untuk meraih sukses harus bekerja secara senang, mudah dan memperoleh hasil yang sempurna.

“Kita bekerja dengan nyaman, enjoy, mudah kalau dengan bakat kita. Dengan potensi kita itu senang, enjoy, mudah, pasti hasilnya akan sempurna, karena kita menguasai, kita punya bakat, dan terakhir bisa menghasilkan, produktif,” jelasnya.

Melalui seminar, Syahriar berharap peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan pelajar SMK di Kota Surakarta ini akan termotivasi dengan pemaparan para narasumber yang dihadirkan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge