0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Urus Adminduk Dipermudah, Warga Dihimbau Tak Gunakan Perantara

Suasana kantor pelayanan Disdukcapil Kota Solo di kompleks Balaikota Solo (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Solo menghimbau masyarakat untuk mengurus sendiri administrasi kependudukan masing-masing. Pasalnya, proses pengurusan dokumen kependudukan saat ini sudah sangat mudah.

“Jadi sebenarnya tidak ada alasan lagi untuk menguasakan administrasi kependudukan kepada orang lain,” kata Kepala Disdukcapil Kota Solo, Suwarta ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/8).

Berdasarkan pengamatannya, masih banyak penduduk yang memasrahkan pembuatan dokumen kependudukan seperti KTP, akte kelahiran, maupun dokumen-dokumen lain kepada orang yang dinilai lebih berpengalaman. Padahal bila diurus langsung tanpa perantara, biaya mengurus adminduk bisa lebih murah.

“Yang kerja tidak perlu membeli materai untuk membuat surat kuasa. Belum lagi kalau kena biaya jasa,” kata dia.

Disdukcapil Kota Solo sendiri telah banyak memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan. Untuk KTP misalnya, masyarakat memiliki banyak pilihan tempat melakukan perekaman mulai dari Kantor Disdukcapil, kecamatan, kelurahan, hingga di tempat-tempat keramaian seperti CFD. Persyaratan yang dibutuhkan pun sangat mudah. Cukup membawa foto kopi kartu Keluarga tanpa perlu membawa surat pengantar dari RT RW seperti dahulu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge