0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kepedulian Pemerintah untuk Prestasi Bulutangkis Diacungi Jempol

Pasangan legenda bulutangkis Indonesia, Alan Budikusuma dan Susi Susanti (timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo — Prestasi olahraga bulutangkis Indonesia kembali naik daun. Medali emas Olimpiade berhasil dipersembahkan pasangan campuran Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir pada 17 Agustus lalu. Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap menggelontorkan bonus Rp 5 Miliar bagi Tontowi maupun Liliyana. Upaya dari pemerintah ini pun mendapat respon positif dari legenda bulu tangkis putri Indonesia, Susi Susanti.

“Penghargaan saat ini oleh pemerintah, ada tunjangan hari tua bagi mantan atlet berprestasi setiap tahun. Ini sebuah terobosan yang luar biasa dari pemerintah. Secara tidak langsung bisa memberikan motivasi bagi seluruh atlet dan calon atlet untuk terus berprestasi,” beber Susi kepada Timlo.net, Selasa (23/8).

Peraih medali emas Olimpiade 1992 di Barcelona ini menyebut pemerintah telah begitu peduli dengan olahraga bulu tangkis. Olahraga ini diakuinya kembali berkibar setelah adanya kepedulian yang besar dari pemerintah, termasuk tunjangan pensiun bagi mantan atlet berprestasi.

Sang suami, Alan Budikusuma juga menuturkan saat ini olahraga bulu tangkis Indonesia mengalami fase kebangkitan. Tunjangan pensiun dari angkatan 1988 hingga 2016, semakin membuat banyak orang antusias. Banyak dijumpainya para orang tua yang ingin anak-anaknya berprestasi di bulu tangkis.

“Ada kesinambungan antara pemerintah dan atlet, selain itu adanya sponsor. Setiap atlet di pelatnas punya sponsor, jadi setiap atlet termotivasi karena mendapat sokongan langsung dari tiap sponsornya. Jadi tidak hanya hadiah 5 miliar saja dari pemerintah bagi pemenang di Olimpiade,” terang Alan.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, di partai final yang dimainkan di Riocentro Pavilion, Rio de Janeiro, Rabu (17/8) malam. Tontowi/Lilyana menang mudah dua set langsung 21-14, 21-12.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge