0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Hutan Masih Terjadi Meski Diguyur Hujan

Kebakaran hutan di Riau (merdeka.com)

Timlo.net — Meski tahun ini terbilang kemarau basah atau hujan terkadang tetap turun, kebakaran hutan dan lahan di wilayah Ogan Ilir, Sumatera Selatan, masih juga terjadi. Dalam kurun waktu dua bulan terakhir, tercatat puluhan hektar lahan di daerah itu hangus terbakar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Ilir, Ahmad Syakroni mengungkapkan, area yang terbakar berada di lahan perkebunan dan rawa-rawa di Kecamatan Pemulutan dan sepanjang jalan Inderalaya-Palembang. Pemicunya mayoritas karena kesengajaan warga yang membuka lahan.

“Memang kemarau tahun ini masih ada hujan, tapi kebakaran hutan tetap ada. Dua bulan ini saja ada puluhan hektar lahan di Ogan Ilir terbakar,” ungkap Syakroni di Indralaya, Senin (22/8).

Menurut dia, total area lahan yang terbakar tahun ini jauh lebih sedikit dibanding tahun lalu yang mencapai ratusan hektar. Meski demikian, upaya pemadaman tetap dilakukan dengan membangun posko di titik-titik rawan.

“Kita mengalami kesulitan menjangkau daerah yang aksesnya jauh dan tidak bisa dilalui kendaraan, otomatis pakai manual. Ini kelemahannya,” ujarnya.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge