0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemulangan WNI Korban Sandera Abu Sayyaf Ditunda

Muhammad Sofyan kabur dari Abu Sayyaf (merdeka.com)

Timlo.net — Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI BHI) Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, Kementerian Luar Negeri masih menahan pemulangan WNI korban sandera kelompok bersenjata di Filipina, Sofyan dan Ismail. Hal itu tidak menjadi prioritas utama saat ini, tetapi lebih kepada faktor pemulihan trauma dua WNI tersebut.

“Prioritasnya adalah pemulihan trauma dan menggali info sebanyak mungkin dari keduanya untuk kepentingan sandera lainnya,” ucap Iqbal di Jakarta, Minggu (21/8).

Meski demikian, Kementerian Luar Negeri terus berhubungan dengan keluarga dua mantan sandera terkait keinginan Kemlu yang belum bisa memulangkan mereka.

“Sejauh ini keluarga bisa memahami hal tersebut,” kata Iqbal.

Muhammad Sofyan dan Ismail merupakan dua korban sandera kelompok bersenjata Filipina yang berhasil kabur. Sofyan lebih dulu ditemukan, baru kemudian Ismail.

Keduanya merupakan awak kapal TB Charles 001 yang disandera hampir dua bulan lalu. Sofyan bercerita dia kabur dengan cara berenang hingga ke daratan. Hingga saat ini, keduanya masih berada di Filipina dan dalam perlindungan KBRI Manila.

[ard]

Sumber : merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge