0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Amankan Data Nasabah, Bank Boyolali Bangun DRC

Ilustrasi uang (dok.merdeka.com)

Boyolali — Untuk mengamankan data nasabah bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam, tahun ini Bank Boyolali membangun Disaster Recovery Center (DRC). Dimana DRC ini bakal menjadi back up data center di kantor pusat.

“Selain data nasabah aman, DRC juga menjamin kelangsungan operasional bank, dimana tidak boleh down pada sistem layanan,” kata Direktur Bank Boyolali, Dono Sri Hananto, Minggu (21/8).

DCR Bank Boyolali dibangun di Surabaya dan ditempatkan di Gedung Cyber Surabaya lantai 6. Salah satu pertimbangannya yaitu aspek geografis cukup jauh dari Boyolali sehingga tidak sampai terdampak efek sistemik saat terjadi force major atau bencana. Disamping itu, Surabaya memiliki sumber daya pendukung yang memadai, seperti sistem jaringan komunikasi komputer yang baik, transportasi dan biaya yang terjangkau anggaran perusahaan.

“Dari Surabaya terkoneksi langsung dengan server di Boyolali,” tambahnya.

Meski begitu, Dono mengaku sistem keamanan nasabah sebelum dibangun DCR dipastikan sudah aman. Dimana data center dibangun sesuai dengan standar keamanan yang tinggi. Server tersebut ditempatkan di ruang khusus bangunan permanen, dan dilengkapi pendingin 24 jam penuh, serta akses kontrol yang ketat sehingga tidak sembarang orang atau petugas yang boleh masuk.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge