0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dishubkominfo Bakal Uji Kelayakan dan Emisi Kendaraan

Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Sudrajad (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo berencana akan melakukan uji kelayakan dan emisi terhadap tiap kendaraan pribadi khususnya roda empat. Ini dilakukan, untuk menjaga udara Kota Solo tidak melewati ambang batas emisi yang diijinkan.

“Selama ini yang diuji laik jalan adalah kendaraan muatan barang dan orang. Sedangkan, kendaraan pribadi sama sekali tidak diuji,” kata Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Sudrajad, Minggu (21/8).

Rencananya, pihaknya akan melakukan uji kelaikan terhadap kendaraan pribadi di Kota Solo setelah gedung uji berkala yang ada di sisi timur kantor Dishubkominfo selesai. Disisi lain, selain melakukan pembangunan gedung uji berkala tersebut, pihaknya juga akan melengkapi dengan alat uji canggih sesuai kemajuan jaman saat ini. Alat yang dimiliki Dishubkominfo sendiri dinilai telah ketinggalan jaman dengan teknologi yang ada saat ini.

“Kami punya alat uji emisi keluaran 2007-an. Sekarang, sudah berkembang sangat pesat. Ya nanti, kita lengkapi gedung baru itu dengan alat yang sesuai kemajuan jaman,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan dilengkapi alat uji kendaraan yang sesuai perkembangan jaman akan dapat menjaga emisi buang kendaraan. Jika melebihi ambang batas yang diperbolehkan, maka hendaknya pemilik memperbaiki atau mengganti kendaraan tersebut dengan yang lebih ramah lingkungan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge