0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perbaiki Tanggul Jebol, Warga Dibantu TNI dan Mahasiswa

Masyarakat, mahasiswa dan Anggota Kormail Mojolaban kerjabakti perbaiki tanggul (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Masyarakat Desa Dukuh dan Plumbon, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo bersama TNI, mahasiswa dan pelajar melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul yang jebol terdampak banjir. Pasalnya, saluran air tersebut menjadi satu-satunya sumber air bagi puluhan hektar sawah di Kecamatan Mojolaban.

“Dan kita sudah berkordinasi dengan Pemkab, BBWSBS dan P3A untuk perbaikan pemanen yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Sambil menunggu realisasi kita melakukan perbaikan sementara dengan karung goni agar aliran air lancar,” kata Dandim 0726/ Sukoharjo, Letkol Inf Taufan Widiantoro, Sabtu (20/8).

Perbaikan saluran air yang jebol sepanjang 30 meter dikerjakan secara gotong royong bersama pelajar, mahasiswa, masyarakat dan anggota Kormail Mojolaban. Saluran irigasi ini jebol karena diterjang banjir pada Bulan Juni lalu dan baru dilakukan perbaikan menggunakan peralatan seadanya saat ini.

Jika tanggul tidak segera dilakukan perbaikan maka berdampak pada 31 hektar sawah di Desa Plumbon, 15 hektar di Desa Gadingan dan 10 hektar di Desa Dukuh. Pasalnya, saluran irigasi ini menjadi satu-satunya sumber pengairan di areal persawahan tersebut, sehingga keberadaanya sangatlah fital.

“Kami bersama TNI dan mahasiswa berinisiatif untuk melakukan perbaikan secara manual dengan membuat tanggul darurat dari bamboo dan tanah. Semoga permaslahan ini segera teratasi dengan perbaikan permanen dari pemerintah,” tandas Kepala Desa Plumbon, Sigit Suparno.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge