0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kegiatan Ekstrakurikuler Tak Sekadar Mengisi Waktu Luang

Rapat guru SMPN 8 Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Kepala SMP Negeri 8 Solo Nugroho menyatakan, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler itu tidak hanya mengisi waktu luang saja, tetapi dengan sikap persepsi yang sesuai dengan tujuan yaitu menjadi anak yang  berkarakter layaknya orang Solo.

“Sebagai contoh ekstra pencak silat, dengan tambahnya ilmu, seperti ilmu padi semakin berisi semakin merunduk,” ujar Nugroho, saat bertemu wartawan, Sabtu (20/8).

Oleh karena itu, kata Nugroho, SMPN 8 Solo tengah melakukan pembinaan dan koordinasi ekstrakurikuler bagi pembimbing dengan tujuan menjadikan anak agar lebih berkarakter. Sekaligus membuat rencana program ekstrkurikuler setiap cabangnya. “Di SMP Negeri 8 ini ada 18 cabang ektrakurikuler menjadi pilihan siswa,” ungkapnya.

Semua pembina cabang ekstrakurikuler, menurut Nugroho,  harus membuat rencana program kegiatan yang diketahui oleh Kepala Sekolah, sesuai dengan UU Permendikbud No 81 A tahun 2013.  Jadwal yang sudah dikeluarkan harus ditaati dan koordinasi dengan kegiatan ekstrakurikuler.

Nugroho mengemukakan, di SMPN 8 Solo, siswa memilih ekstrakurikuler sesuai dengan hati nurani siswa itu sendiri. Tidak ada paksaan dari orang lain termasuk dari guru. Pembimbing mempunyai tugas dan tanggung jawab mendidik secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Siswa diberikan beban untuk mengembangkan bakat dan minat kognitif, afektif dan psikomotorik.

Dikatakan, tujuan ekstrakurikuler harus diseragamkan, artinya bahwa di awal dan di akhir peserta dapat dibandingkan hasilnya. Harus ada penambahan sikap yang lebih baik dari sebelumnya.

Terkait pelaksanaan ekstrakurikuler, kata Nugroho, dijadwalkan setelah proses belajar mengajar selesai. Jeda waktu pelaksanaan tidak terlalu lama , untuk yang beragama Islam segera disuruh Sholat dulu.  Untuk siswa yang sudah habis waktunya dan tidak segera pulang bisa segera dikendalikan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge