0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anggaran Dipangkas, Pelebaran Jl Pakel Kandas

Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat guna pelebaran Jalan Pakel di kawasan Kelurahan Sumber, Banjarsar, Solo menurun drastis. Sedianya, pemerintah pusat akan mengucurkan dana sebesar Rp 7,1 miliar, namun dipangkas hingga menjadi Rp 1,8 miliar saja.

“Kalau ditanya kecewa, tentulah. Ini kan impian Kota Solo supaya memiliki akses jalan yang representatif menghubungkan Jl Adi Sucipto dan Jl Adi Sumarmo,” terang Sekretaris Komisi II DPRD Solo, Suprianto, Jumat (19/8).

Dengna anggaran yang menurun tajam tersebut, impian Kota Solo untuk memperlebar Jalan Pakel dari yang awalnya hanya enam meter menjadi 12 meter pun akhirnya kandas. Dengan ketersediaan dana tersebut hanya mampu digunakan untuk melakukan pengaspalan jalan.

“Tentu tidak cukup kalau untuk pelebaran. Mungkin digunakan untuk menambah aspal di Jalan Pakel,” terangnya.

Dipangkasnya anggaran tersebut, menurut Suprianto, sangat disayangkan. Pasalnya Kota Solo memerlukan akses yang representatif untuk menghadapi lonjakan kendaraan yang menuju pintu masuk tol. Saat ini Jl Adisumarmo menjadi satu-satunya akses yang tersedia, sedangkan jalan Pakel belum mampu sebagai jalur alternatif yang digunakan untuk menuju akses langsung ke Kota Solo.

“Kalau dilewatkan sana (Jl Pakel —Red) tentunya tidak menampung kendaraan. Malah membuat crowded (macet),” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Solo YF Sukasno lebih menekankan tentang drainase di kawasan Jl Pakel. Pasalnya kawasan tersebut sering tergenang jika diguyur hujan lebat dalam waktu relatif singkat.

“Sebelum membangun apapun, yang harus diperhatikan adalah drainase, termasuk infrastruktur di Jl Pakel tersebut,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge